Food Idea: Ice Cream

Bisnis makanan dan minuman merupakan bisnis yang hampir paling menjanjikan di saat ini, terutama dengan bisnis-bisnis dessert yang semakin marak. Semakin unik dessert yang dibuat akan semakin menarik bagi para customer untuk datang dan mencicipi makanan dan minuman di sebuah cafe dessert. Berikut ini saya akan mencoba menulis tentang ide saya untuk bisnis dessert ice cream.

Sudah banyak yang menekuni bisnis ice cream, dari yang mahal hingga murah, dari yang besar hingga kecil, tetapi ice cream tetap menjadi makanan dessert favorit banyak orang. Terutama dengan iklim Tropis Indonesia yang sangat mendukung bisnis ice cream ini. Produk ice cream juga sangat disukai semua umur konsumen baik tua maupun muda, jadi tidak perlu takut untuk menentukan target pasar yang hanya fokus untuk beberapa kalangan umur konsumen. Target pasar tetap harus hati-hati ditentukan terlebih dahulu, apalagi jika ingin menciptakan produk ice cream premium, tetapi konsumen untuk ice cream premium juga masih banyak. Jika bisa menciptakan rasa yang lebih unik dari yang sudah ada di pasaran, maka jelas banyak konsumen yang akan lebih mencari produk ice cream ini walaupun harus membayar sedikit lebih mahal.

Produk ice cream sama seperti makanan dan minuman lainnya, jika tidak bisa memberikan packaging yang user friendly dan menarik, maka terkadang konsumen lebih tertarik dengan bentuk packaging yang lebih menarik dibandingkan rasa yang lebih enak. Umur produk atau kadaluarsa juga harus diperhatikan karena ice cream menggunakan bahan dasar yang mudah rusak. Untuk penggunaan tempat penyimpanan freezer yang memakan banyak tempat dan modal juga harus diperhatikan ketika mau memulai bisnis ini.

Untuk memulai bisnis ice cream bisa dimulai dengan menciptakan homemade ice cream dengan jumlah yang tidak banyak tetapi tetap memperhatikan rasa yang unik. Media Youtube juga bisa menjadi tempat mencari resep untuk membuat homemade ice cream (cek di sini). Homemade ice cream juga tidak perlu menggunakan banyak peralatan, hanya saja bahan pembuat ice cream harus diperhitungkan sesuai kuantitas yang akan dibuat dan dijual. Pemasaran bisa melakukan titip jual dengan menggunakan freezer kecil atau membuka kedai ice cream kecil di daerah perumahan.

Beberapa contoh bisnis ice cream yang menurut saya sangat menarik:

Tertarik untuk mendirikan bisnis Ice Cream yang enak dan menarik? Please Comment, Like, and Follow. More ideas coming soon.

projectideablog.

3 Comments

  1. Emang, kuliner es krim sedang marak-maraknya di Indonesia. Kalo di Malang, es krim pot sedang banyak di gemari anak-anak muda. By the way, nice blog. Kunjungan balik, ya gan. Dan saling follow.

    Like

Leave a comment